Kamis, 26 November 2009

Manusia Madura

Meluruskan Stigma Orang Madura

Category: Books
Genre: Other
Author: Mien Ahmad Rifai
Judul Buku: Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja, Penampilan, dan Pandangan Hidupnya seperti yang Dicitrakan Peribahasanya
Penulis: Mien Ahmad Rifai
Penerbit: Pilar Media, Yogyakarta
Cetakan: I, Maret 2007
Tebal: 504 halaman

TAK Banyak kelompok etnis di kepulauan Indonesia yang menerima stereotip serta penuh kerancuan menyesatkan seperti yang ditujukan kepada orang Madura. Jika seseorang harus memercayai stereotip, kelompok etnis ini menyandang ciri-ciri negatif yang melimpah ruah. Sedikit sekali sifat-sifat positif mereka yang diperkatakan dan dicatat orang.

Ironisnya, citra orang Madura di alam Indonesia merdeka hampir tidak berbeda dengan gambaran stereotip yang dianut orang di masa penjajahan Belanda. Sejak tempo doeloe hingga kini, mereka selalu diilustrasikan sebagai etnis yang berwatak kasar, kurang ajar, ekstrover, blak-blakan menyuarakan pendapatnya, serta tidak tahu adat dan adab.

Pertanyaannya, mengapa citra negatif orang Madura itu tidak hilang-hilang?

Menurut dugaan sebagian pengamat, penyebabnya antara lain karena kelompok kelas menengah mereka-yang umumnya berpendidikan dan berprestasi-sering tidak lagi merasa sebagai bagian daripada Madura. Akibatnya, lapisan bawah Madura yang belum beruntung karena pendidikannya yang minim, tetap terus bergelimang dengan citra orang Madura yang amat menyesakkan tadi.

Stereotip di atas tentu tidak sepenuhnya benar atau seluruhnya salah. Pandangan macam itu lahir karena minimnya informasi tentang Madura yang sebetulnya sangat kompleks. Atas dasar itulah buku Manusia Madura ini hadir untuk mengisi kekosongan yang masih dirasa perlu. Melalui referensi peribahasa Madura, buku setebal 504 halaman ini mengupas bagaimana bahasa Madura mencerminkan orang Madura.

Ahmad Fatoni, penggiat Pusat Studi Ilmu dan Filsafat Unmuh Malang

Sumber: Suara Pembaruan, 03/06/07

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda