Sabtu, 28 November 2009

Meditasi Lilin

Category: Books
Genre: Health, Mind & Body
Author: Luh Ketut Suryani
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia, 2006
Tebal 88 halaman

Ide menggunakan pemusatan pada nyala lilin muncul sewaktu Prof Hoyt Edge dari Rollins College, Florida (Amerika Serikat) meminta penulis buku ini untuk tidak menggunakan metode meditasi yang biasa diajarkan kepada masyarakat dalam melaksanakan penelitian. Maksudnya, agar hasil penelitian tidak bersifat subjektif.

Kalau menggunakan metode meditasi relaksasi spirit yang dikembangkan selama ini, mungkin akan ada yang meragukan hasilnya karena metode ini sudah digunakan di masyarakat. Dalam diri peserta penelitian sudah ada bayangan bahwa apa yang dilakukan merupakan perwujudan hasil dari metode ini. Oleh karena itu, diusahakanlah menggunakan metode yang tidak terlalu akrab dengan metode meditasi relaksasi Suryani.

Penulis buku ini adalah seorang guru besar bidang Ilmu Kedokteran Jiwa yang telah mempelajari meditasi sejak berusia 14 tahun. Ia mengembangkan pendekatan biopsikospirit-sosiobudaya dalam mencegah dan menyembuhkan penderita gangguan jiwa serta menyehatkan masyarakat agar tetap sehat, di dalam negeri dan luar negeri.

Meditasi lilin yang dikembangkannya, sangat membantu orang yang mempunyai masalah dalam berkomunikasi, seperti tidak berani memandang orang lain, atau sulit merasakan orang lain, sulit menguasai peserta kalau memberi ceramah, sulit mengendalikan suasana atau ada keinginan untuk membantu menyembuhkan orang lain.

Buku kecil ini dilengkapi latar belakang dan konsep meditasi lilin, serta testimoni peserta pelatihan meditasi lilin yang akan memperkaya pengetahuan. [S-27]

Sumber: Suara Pembaruan, Aug 17, 2006

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda