Sabtu, 28 November 2009

Arus Cina-Islam-Jawa:
Bongkar Sejarah atas Peranan Tionghoa dalam Penyebaran Agama Islam di Nusantara
Abad XV dan XVI

Category: Books
Genre: Religion & Spirituality
Author: Sumanto Al Qurtuby
PENERBIT : Inspeal Ahimsakarya Press,
Cetakan Pertama, Oktober 2003
TEBAL : 313 halaman
HARGA : Rp 37.000

BUKU INI merupakan tesis yang judul aslinya Proses Penyebaran Jawa Abad XV XVI Program Pascasarjana Sosiologi Agama pada Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Dibagi tujuh bagian, bagian pertama berupa pendahuluan, mengulas tentang sejarah masuknya dan eksistensi Cina Islam di Jawa.

Bagian berikutnya mengulas Pulau Jawa abad pertengahan yang menjadi ajang perjumpaan berbagai negeri di dunia untuk menjalankan transaksi niaga dan pertukaran tradisi budaya. Akibatnya, pengaruh dari luar turut menciptakan sebuah tatanan sosial ekonomi politik yang dinamis di Pulau Jawa. Bagian ketiga mengulas lebih khusus tentang fakta-fakta sejarah keterlibatan Cina dalam penyebaran Islam di Jawa pada abad pertengahan.

Permulaan penyebaran Islam di Jawa yang dilakukan oleh Walisongo yang menyebarkan ajaran Islam sering menyisipkan aspek-aspek kultural setempat, dipaparkan di bagian berikutnya. Bagian ini juga mengulas peran Raden Patah seorang Cina Muslim pendiri kerajaan Demak dalam penyebaran Islam di Jawa. Bagian kelima menjelaskan identitas Sino-Javanese Muslim Culture yang merupakan akulturasi kebudayaan Islam Jawa dan Cina.

Rekonstruksi sejarah islamisasi Jawa dengan "Teori Cina" (Teori yang menyatakan bahwa Islam di Nusantara bukan dari Timur Tengah/Arab maupun India/Gujarat tetapi dari Cina) dibahas di bagian keenam. Bagian ini menjelaskan perkembangan Islam di Jawa bermula dari kota-kota pelabuhan dengan komunitas Cina turut ambil bagian dalam proses islamisasi di Jawa. Bagian akhir berupa penutup, kembali menegaskan bahwa komunitas Cina di Jawa mempunyai peran yang signifikan dalam historisitas islamisasi di Jawa abad ke-15 dan ke-16.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda