Sabtu, 28 November 2009

Hermawan Bicara Masakan

Hermawan Sulistyo yang biasa berbicara masalah politik itu menjadi pengasuh acara Kamus Kuliner (KK) yang tayang sejak 8 Agustus 2009 di TVOne.

Agak menggelikan melihat Hermawan yang menjelang Pemilu 2009 getol berbicara soal golput, di KK getol bicara soal bandeng presto, lumpia semarang, ikan bakar, nasi merah, dan lain-lain. Tapi itulah kejutan yang dimunculkan produser KK.

Bentuk acara ini hampir sama dengan Wisata Kuliner asuhan Bondan Winarno yang memadukan liputan perjalanan dan icip-icip masakan. Bedanya di KK Hermawan tidak memosisikan diri sebagai ahli kuliner, melainkan penikmat makanan. Karena itu, komentar Hermawan soal teknis pembuatan masakan yang disantapnya tidak sedetail komentar Bondan. Wajar saja sebab Hermawan memang bukan ahli kuliner.

Untuk memberikan bobot pada acara ini, Hermawan mencoba menjelaskan latar belakang budaya di balik makanan yang dia santap. Ketika menyantap lumpia Semarang, misalnya, Hermawan menjelaskan bagaimana peradaban China di balik lumpia.

Sayangnya, penjelasan semacam itu terkesan sekilas saja. Mungkin, produser khawatir jika Hermawan memberi penjelasan panjang lebar, acara kuliner ini akan berubah menjadi acara diskusi. (BSW)

Sumber: Kompas, 08/11/2009

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda