Jumat, 27 November 2009

Kamera Digital Pentax

Kamera Digital Pentax Optio S6 Hadirkan Keunggulan

Category: Computers & Electronics
Product Type: Digital Cameras
Manufacturer: Pentax

Kamera produk Pentax yaitu Optio S6. Kamera ini dirancang untuk menghadirkan keunggulan di kelasnya.

Menyadari persaingan yang semakin ketat antar produsen kamera digital dunia saat ini, Pentax salah satu produsen kamera digital terus mencari terobosan baru. Menjelang akhir tahun ini, mereka kembali melempar produk teranyarnya, yakni Optio S6 yang mengusung beberapa keunggulan baru dikelasnya.

Kamera ini bentuknya sangat kecil, dibalut bahan aluminium aloy ringan yang rapi. Mulai dari kalangan mahasiswa hingga eksekutif muda rasanya akan menyenanginya karena kamera ini mengedepankan gaya.

Ukuran panjang dan lebarnya seukuran kartu kredit. Karenanya kamera Optio S6 ini tetap terasa nyaman walaupun dimasukkan ke dalam saku kantung pakaian Anda.

Lensa SMC buatan Pentax memungkinkan kualitas optik yang dapat meningkatkan kepuasan Anda memotret. Tombol navigasi dan menu tergolong mudah diraih. Pemilihan menu, scene mode untuk perekaman gambar bergerak, perekaman suara, mode gambar, mode filter, Full Auto dan Subject Program selection, terasa mudah dilakukan.

Waktu off ke on, butuh 1.5 detik dan on ke off 2 detik, tidak terlalu lama seperti seri-seri Optio yang lebih lawas. Salah satu terobosan dari Optio S6 ini adalah hadirnya fasilitas anti shake pada movie. Resolusinya pun bisa dipilih mulai dari 640 x 480 dan 320 x 240.

Aspek kemudahan tampaknya masih menjadi perhatian utama pabrikan dalam memproduksi kamera digital kelas compact, demikian pula yang disodorkan oleh Pentax.

Bagi pengguna yang telah akrab dengan Optio atau seri yang telah dirilis sebelumnya, tentu tidak akan kesulitan dalam mengoperasikan Optio S6, karena tidak ada perubahan yang signifikan dari seri-seri sebelumnya.

Bedanya Optio yang satu ini meningkatkan jumlah pixel efektif menjadi 6.0 megapixels. Bahkan kualitas pemotretan Optio S6 ini menunjukkan hasil memuaskan, baik saat di dalam maupun di luar ruangan. Termasuk di tempat yang kurang pencahayaannya pun, kamera ini masih menunjukkan hasil yang baik.

Berdimensi 88 x 46 x 26,5 mm kamera ini terlihat kecil. Kamera ini juga nyaman untuk pemotretan continuous shoot yang mencapai kecepatan tertinggi 1.2 sec/shoot. Start up time maupun shutdown time cepat, kurang dari 1.5 detik, mempermudah pengguna untuk segera mengambil momen yang akan diabadikan. Optio S6 dilengkapi juga dengan kekuatan 3.0 optical zoom dan 4.1 digital zoom. Menariknya ada memori internal sebesar 23 MB.

Viewfinder absen dari Optio S 6. Meski demikian mata Anda akan dimanjakan dengan LCD sebesar 2.5 inci. Istimewanya lagi resolusi pada LCD termasuk paling besar di kelasnya, yakni 230.000 pixels, sehingga 'enak' dilihat dari berbagai sudut kemiringan sekalipun.

Adanya tombol print/share, mempermudah pencetakan foto ke printer, karena sudah ditunjang oleh PictBridge. Sedangkan untuk down load gambar ke komputer, Optio S6 dilengkapi fitur direct transfer melalui koneksi kabel USB untuk semua sistem pengoperasian, seperti windows XP, Me, 2000 dan 98.

Maksimal resolusi foto mencapai 2816 x 2112 pixels, Optio S6 memberikan detail foto yang sempurna. Kualitas gambar pada Optio S6 terbagi menjadi 3, yaitu Best, Better, dan Good . Setiap kualitas tersebut, memiliki jumlah gambar yang dapat direkam sesuai dengan besar SD card yang tersedia. Karena Optio S6 memiliki internal memory, maka memungkinkan kita menyimpan gambar tanpa adanya SD card.

Sumber power Optio S6 ini menggunakan baterai Lithium DL18. Dalam kondisi baterai penuh mampu menghasilkan sebanyak 150 gambar. Sedangkan untuk mengisi baterai sekitar 1.5 - 2 jam.

Jika Anda termasuk yang membutuhkan video pada kamera digital, Optio S6 bisa menjadi pilihan tepat, karena memberikan hasil yang bagus dan dilengkapi dengan perekaman suara. Apalagi dicangkokkannya teknologi antishake atau tahan goyang pada video. Meski demikian resolusi video Optio S6 ini tidak sekaya resolusi untuk kamera digital. Untuk perekaman gambar pada Optio, hanya punya resolusi maksimal sebesar 640 x 480 pixels.

Berbeda dari seri terdahulu, saat pengambilan gambar untuk video, kita tidak bisa memainkan optical zoom terlebih digital zoom. Sehingga untuk memperoleh gambar yang lebih besar, Anda diharuskan mendekati objek tersebut sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, atau setidaknya sebesar ukuran LCD monitor. Jika Anda menggunakan SD card sebesar 32 MB misalnya dengan resolusi sebesar 640 x 480 pixels, maka akan diperoleh lama rekam kurang lebih 1.5 menit. (RONY SIMANJUNTAK)

Sumber: Suara Pembaruan, 25/12/05

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda