Jumat, 27 November 2009

Tahu Tek-tek !!!!!

Bukan hanya pusat jajanan di plasa atau mal, resto, hotel berbintang dan angkringan pinggir jalan menyediakan kudapan berbahan dasar tahu ini. Waktunya, bahkan tidak mengenal waktu. Maksudnya, dari pagi hingga menjelang pergantian waktu bergulir kembali ke dini hari, tahu tek ini bisa didapatkan.

Ada yang menyebutnya tahu gunting, karena yang digoreng lalu digunting untuk membaginya menjadi beberapa potongan kecil. Ada juga yang menyebutnya tahu telor, karena guntingan kecil tahu diaduk dengan sebutir telur lalu didadar setengah kering, baru kemudian digunting menjadi beberapa potongan kecil.

Namun sebagian warga kota yang lain menyebutnya sebagai tahu tek! Ah untuk gampangnya karena si abang penjualnya memukulkan kentongan mungil di sudut angkringan dorongnya dan mengeluarkan bunyian tek tek!

Apapun sebutannya, apakah tahu gunting, tahu telor, atau tahu tek, tahu ini diadu dengan irisan lontong, kentang rebus, ditaburi taoge pendek lalu disiram dengan saus kacang dengan sentuhan petis udang. Sesendok acar mentah, taburan kerupuk udang, bawang goreng, irisan daun seledri melengkapi citarasa tahu tek yang sempurna saat berebut perhatian di lidah Anda. Hmm…. Sebelum air liur mengucur, yuk membuatnya sendiri di rumah. Mudah kok! (tri)

Bahan:
2 Potong tahu ukuran sedang, potong dadu
2 Butir telur, kocok lepas
1 Cangkir tauge pendek, bersihkan
1 Buah kentang rebus, potong-potong
1 Buah lontong, potong-potong
Kerupuk udang, bawang goreng, irisan daun seledri secukupnya
Acar mentimun secukupnya

Bumbu kacang:
100 g kacang goreng
1 siung bawang putih
4 Biji cabai rawit
1 Sendok makan (sdm) petis udang
2 Sdm kecap manis

Garam, seledri cincang dan air secukupnya

Membuatnya:
  1. Campur irisan tahu ke dalam kocokan telur, lalu dadar dengan sedikit minyak, bolak-balik sampai matang sempurna. Angkat, tiriskan dan potong-potong dalam ukuran sedang.
  2. Haluskan kacang goreng, bawang putih, petis udang, dan cabai rawit hingga tercampur rata. Kentalkan campuran bumbu ini dengan tambahan air matang dan kecap asin.
  3. Siapkan piring saji, atur potongan lontong, potongan kentang rebus, potongan tahu telur, siram dengan bumbu kacang di atasnya. Taburi dengan taoge pendek, bawang goreng, irisan daun seledri dan kerupuk udang. Imbuhkan di sisi piring acar mentimun mentah, dan sajikan segera.

TIPS
Jika Anda kurang menyukai taoge pendek, bisa diganti dengan taoge panjang dan seduh sebentar dengan air panas sebelum menaburkannya di atas tumpukan lontong, kentang dan tahu, baru guyur dengan bumbu kacang.

Sumber: Surya, Minggu, 11 Januari 2009

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda