Sabtu, 28 November 2009

Ryu Datang Lagi ke PS3

PARA penggemar genre action tentu mengenal sosok Ryu Hayabusa. Dia mulai po­pu­ler sebagai ninja be­r­kos­tum biru dalam trilogi action 2D Ninja Ryukenden di era me­sin Famicom dua dekade si­lam. Lalu. dia tampil dalam kos­tum hi­tam berkilat dalam se­rial fig­hting Dead or Alive. Akhirnya, dia jadi jagoan da­lam serial action 3D Ninja Gaiden.

Kini, Ryu kembali hadir da­lam seri Ninja Gaiden Sigma 2 yang dirilis untuk mesin Play­Station3. Game itu me­ru­­­pa­kan versi perbaikan game Ninja Gaiden 2, yang meng­hibur para pemilik mesin Xbox 360 tahun lalu. Cerita dan sistem permainannya ma­sih identik. Ryu tetap harus menjelajahi berbagai pen­juru dunia sambil memere­teli anggota tubuh lawan-lawannya.

Tecmo, pembuat serial itu, me­mang punya po­la ter­tentu untuk pe­na­ma­an. Mulanya, me­re­ka merilis serial Ninja Gai­den secara eksklusif untuk mesin buatan Microsoft, yak­ni Xbox lama untuk seri pertama dan Xbox 360 untuk seri kedua. Kemudian, mereka mengevaluasi be­r­dasar ma­su­kan konsumen, membuat ver­si yang lebih baik untuk mesin PlayStation3 dengan tam­ba­han judul "sigma".

Karena teknologi mesin Play­Station3 secara teoretis le­bih unggul ketimbang mesin Xbox 360, mudah ditebak kualitas grafisnya dit­i­ng­kat­kan. Tapi, daya tarik utama Ninja Gaiden Sigma 2 ter­se­but adalah berbagai fitur baru yang ditambahkan. Fitur-fitur itu terutama berkaitan dengan pa­ra karakter baru yang bisa dimainkan.

Kali ini, Ryu tidak lagi ber­tu­a­lang sendirian. Rachel, ka­rak­ter protagonis alternatif dari Ninja Gaiden Sigma seri per­tama, kembali beraksi, ditam­bah dua kunoichi (ninja pe­rem­puan) yang sebenarnya cukup familier bagi peng­gem­ar serial tersebut. Ada Ayane, kunoichi yang juga tampil da­lam serial Dead or Alive. Se­lain itu, ada Momiji yang me­mulai debut dalam seri Ninja Gai­den: Dragon Sword, yang tem­po hari dirilis untuk mesin por­tabel Nintendo DS.

Dalam Ninja Gaiden 2, Ryu bi­sa memperoleh sederet sen­jata baru yang mengubah gaya be­r­tarungnya, begitu juga tiga ja­goan perempuan itu. Tiap ka­rakter punya ciri khas, terutama berkaitan dengan perbandingan antara ke­lin­ca­han dan kedahsyatan se­ra­ngan. Masing-masing nanti ju­ga memiliki sejumlah kos­tum alternatif.

Tiga karakter baru tersebut memiliki jalur petualangan yang berbeda dengan Ryu. Ja­di, pemain mendapat puluhan ru­te baru. Rute itu bisa di­je­la­jahi dengan sembarang ka­rak­ter dalam team mission mo­de yang melibatkan dua karak­ter sekaligus. Pemain bi­sa mencari teman untuk me­main­kan mode tersebut secara online. Jika bermain sen­di­rian, karakter sekunder bakal di­gerakkan oleh artificial intelligence (AI). (ray)

Sumber: Jawa Pos, Jum'at, 09 Oktober 2009

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda